user_mobilelogo

Cari Peraturan

Kata kunci pencarian: 
Jenis Peraturan:

Peraturan Terbaru

KETENTUAN PENGHASILAN TETAP DAN TUNJANGAN BAGI DATOK PENGHULU, PERANGKAT KAMPUNG UNSUR PELAKSANA LAINNYA DAN MDSK SERTA BELANJA OPERASIONAL  

Tampilan ...

 
TATA CARA PEMBAGIAN DAN PENYALURAN ADK DAN ALOKASI BAGIAN DARI HASIL PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TAHUN ANGGARAN 2016  

Tampilan ...

 
TATA CARA PEMBAGIAN DAN PENETAPAN RINCIAN DANA DESA SETIAP KAMPUNG DI KAB. ACEH TAMIANG TAHUN ANGGARAN 2016  

Tampilan ...

 
ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA KAB. ACEH TAHUN 2012  

Tampilan ...

 
APBK ACEH TAMIANG TAHUN ANGGARAN 2014  

Tampilan ...

 

Pengunjung

1216450
Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
Total
727
727
57646
1216450

IP anda : 54.224.168.206
19-11-2017 06:27

Kadarkum

ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Bagian Hukum Setdakab Aceh Tamiang melaksanakan kegiatan Pembinaan Kampung Sadar Hukum (Kadarkum) di Kampung Matang Ara Jawa Kecamatan Manyak Payed pada tanggal 6 November 2012 dengan pesertanya terdiri dari Datok Penghulu, para Perangkat Kampung, MDSK, LKMK, Ketua PKK dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan pembinaan Kampung Sadar Hukum yang diselenggarakan di Balai Desa ini dibuka Bupati Aceh Tamiang yang diwakili oleh Drs. H. M. Sufi Ibrahim (Staf Ahli Bupati), disamping itu turut hadir dalam rombongan dari Kabupaten antara lain para Pemateri, Samsul Rizal, S.Ag (Kabag Organisasi dan Kepegawaian), Husaini, SH (Kabag Hukum) dan staf dari Bagian Hukum serta beberapa pejabat kecamatan Manyak Payed.

Menurut Kabag Hukum, Husaini, SH (Sekretaris Panitia Pelaksana) “pelaksanaan pembinaan Kampung Sadar Hukum ini merupakan kegiatan dalam rangka menindaklanjuti program desa sadar hukum yang telah dicanangkan oleh Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, ketaatan dan kesadaran masyarakat terhadap hukum serta untuk menciptakan kampung yang memenuhi kriteria kampung yang dikatagorikan sebagai kampung sadar hukum”

Materi yang disampaikan pada acara tersebut adalah Penghapusan Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004) dengan Pemateri Nastuti Ariani Nasution, S.Ag (Kasat Binmas Polres Aceh Tamiang), Penyalahgunaan Narkotika dengan Pemateri Rahmadani, SH, MH (Kasie Intelijen Kejaksaan Negeri Kualasimpang) dan Aspek Hukum dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Kampung dengan Pemateri Harapan Tua, S.Ag, SH (Kasubbag Penataan Wilayah Mukim dan Kampung).

Kampung Matang Ara Jawa Kecamatan Manyak Payed merupakan salah satu kampung dari 6 kampung yang telah ditetapkan sebagai bahan kegiatan pembinaan “Kampung Sadar Hukum” yang pelaksanaann kegiatan pembinaannya mulai dilaksanakan tanggal 6 s/d 13 November 2012. Sedangkan 5 kampung lainnya adalah Kampung Johar Kecamatan Karang Baru, Kampung Jamur Labu Kecamatan Rantau, Kampung Sidodadi Kecamatan Kejuruan Muda, Kampung Sungai Kuruk Satu Kecamatan Seruway dan Kampung Tanjung Lipat I Kecamatan Bendahara

Untuk memenuhi kriteria kampung yang dikatagorikan sebagai kampung sadar hukum paling sedikit harus memenuhi 5 kriteria, yaitu :
  1. Pelunasan kewajiban membayar PBB mencapai 90 persen atau lebih.
  2. Tidak terdapat perkawinan dibawah usia berdasarkan ketentuan dalam Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.
  3. Angka kriminalitas rendah;
  4. Tidak terjadi penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lainnya.
  5. Serta kepedulian masyarakat desa/kampung itu terhadap kelestarian lingkungan.


Add comment


Security code
Refresh

Video Penyuluhan

Link Pemerintah

 link prov aceh

link dprk

 link atam

link bappeda

link capil

Link JDIH

link menkumham

link aceh

Link Aplikasi

link lpse

link paten